ØPengertian
SEO
SEO (Search Engine Optimization)
adalah suatu teknik untuk memaksimalkan nilai relevan halaman website agar
meningkatnya ranking dan pengunjung dari Search Engine Google. SEO dilakukan
melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya
melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO /
Greyhat SEO. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahan bila kita jalankan.
Seperti Blackhat SEO yang melakukan tindakan berbahaya dengan tujuan
mempercepat peringkat sebuah website di pencarian Search Engine. Whitehat SEO
merupakan tindakan natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah
website. Greyhat SEO merupakan perpaduan kedua teknik sebelumnya untuk
meningkatkan peringkat website.
ØManfaat SEO
SEO sebenarnya banyak memberikan
dampak positif bagi para pemilik website atau blog. Dampaknya tergantung dari
tujuan website itu sendiri, seperti contohnya website affiliate ditambah dengan
teknik SEO maka akan meningkatkan penjualan produk affiliate. Adapula website
jualan online dipadukan dengan SEO maka pengunjung meningkat, sama dengan
penjualan akan semakin meningkat, dan konsumen akan terus kembali ke website
Anda. Berikut adalah beberapa manfaat SEO.
- Website menjadi ramai dengan pengunjung
tertarget kata kunci
- Pelanggan terus berdatangan ke website
- Secara tidak langsung meningkatkan
pendapatan Anda sebagai publisher
- Cache penulusuran di Search Engine menjadi
yang paling utama
- Bisnis di dalam website menjadi berkembang
- Penjualan produk akan semakin meningkat
- Adanya timbal balik ke website affiliate
produk
ØCara Kerja SEO
1.
Crawling
Crawling atau Perayapan adalah suatu
proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web
tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider
atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
2.
Indexing
Indexing merupakan proses
pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan
disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses
pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi
yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari
dengan kata kunci tertentu.
3.
Processing
Ketika mesin pencarian menerima
request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja
seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses
dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam
request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang
telah terindeks pada database mesin pencari.
4.
Calculating Relevancy
Dalam satu halaman web pastinya
memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari
contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan
proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks
untuk setiap kata kunci yang diterima.
5.
Retrieving Result
Langkah terakhir dalam
sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat
relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan
ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.
Setiap bulannya, mesin
pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap
puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan
hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan
benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang
diinputkan. Meskipun prinsip dasar dari sistem pencarian pada mesin
pencari adalah sama, tetapi yang menjadi pembeda adalah algoritma
relevansi yang digunakan sehingga menyebabkan hasil mesin pencarian antara
Google dan Yahoo! sedikit berbeda.
Itulah beberapa hal yang bisa
dipelajari tentang SEO. Website dengan domain dan hosting yang bagus juga dapat
mempengaruhi SEO. Untuk itu, Anda dapat mendaftarkan website bisnis hanya
di Idwebhost untuk menemukan paket
hosting dan domain yang tepat. Di sana Anda dapat memperoleh berbagai fitur
menarik yang dapat menunjang kesuksesan website Anda.
Ø Contoh Penerapan SEO
Untuk memudahkan Anda memahami apa
itu SEO, berikut redaksi berikan contoh penerapan SEO dan mengapa SEO itu
diperlukan.
Di situs Dailysocial ada banyak
sekali konten-konten keren dan bermanfaat. Salah satunya adalah artikel soal
Snapchat. Artikel ini mengulas pengertian dan seluk-beluk soal
Snapchat. Adapun kata kunci yang dioptimasikan adalah “apa itu Snapchat” dan
beberapa kata kunci turunannya. Dengan melakukan optimasi SEO kata kunci
tersebut, ketika Anda atau siapapun mengetikkan kata kunci “apa itu Snapchat”
di mesin pencari Google, maka hasilnya artikel Dailysocial tersebut akan muncul
di halaman pertama. Seperti ini.
Ø Apa Tujuan dan Manfaat SEO?
Sekarang, pertanyaan berikutnya apa
sih tujuan dan manfaatnya untuk situs? Jika kita tarik dari definisi apa itu
SEO dan ilustrasi di atas, maka dapat kita tarik beberapa poin tujuan dan
manfaat menerapkan SEO.
- Tujuan paling mendasar dari SEO
tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
- Tujuan lainnya, mendapatkan
traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, ketika tujuan
pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan mendapatkan yang
namanya traffic
- Mendapatkan pengunjung baru
yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar
merupakan pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
- Meningkatkan durasi kunjungan.
Pengunjung yang mendapatkan informasi yang dibutuhkan, logikanya akan rela
berdiam lebih lama di situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
- Meningkatkan konversi, jika
Anda adalah seorang penjual, maka SEO dapat mendatangkan konversi yang
lebih baik.
·
Meningkatkan
popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang
akan lebih mudah ingat dengan situs Anda.
Ø Apa Saja Jenis-jenis Optimasi SEO?
Setelah membahas soal pengertian
kemudian tujuan dan manfaat, tiba waktunya kita masuk ke materi yang agak
berat. Yaitu jenis-jenis optimasi SEO. Secara umum ada dua jenis optimasi, yang
pertama SEO On Page dan yang kedua SEO Off Page.
Tapi, saya akan ulang kembali
pengertian masing-masing optimasi.
Ø
SEO On Page
SEO On Page adalah rangkaian upaya
optimasi yang dilakukan di situs Anda sendiri agar halaman-halaman yang ada
memenuhi kriteria SEO yang baik. Optimasi jenis ini termasuk optimasi yang
paling mudah dilakukan dan bahkan sudah jadi ritual rutin bagi para blogger.
Teknik SEO On Page dapat dilakukan
dengan cara menyisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian situs Anda.
Misalnya:
- Judul situs atau judul artikel
- Deskripsi atau Meta Deskripsi
di halaman utama dan juga artikel
- Isi situs atau artikel
- Kategori
- Permalink atau URL
- Heading
- Image dan image ALT
Ø SEO Off Page
SEO Off page juga sama, ia juga
merupakan rangkaian proses optimasi, tetapi dilakukan di luar dari situs Anda
namun merupakan bagian dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs
Anda. Dalam hal ini kita akan lebih banyak membicarakan soal backlink atau tautan
balik.
Teknik ini dilakukan dengan cara
membangun backlink dari situs tertentu yang menuju ke situs
Anda. Gunanya apa? Gunanya untuk meningkatkan popularitas situs yang juga akan
menjadi salah satu indikator menentukan posisi di mesin pencari.
Setiap saat metode SEO Off Page
berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink sudah
tidak penting lagi. Namun saya pribadi berpendapat, backlink tetaplah
penting dan menentukan selama diterapkan dengan cara yang benar. Berikut adalah
beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh praktisi
SEO.
- Jejaring sosial seperti
Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain
- Web 2.0 properties (Blogspot,
WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya)
- Forum signature (kaskus, forum
detik, forum kompas)
- Social bookmark
- Komentar blog dengan
cara mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar
serta tautan.
- Guest post
Keuntungan Dari SEO
Hampir semua orang di dunia ini menyukai kegiatan online, terutama untuk mencari topik, berita, dan konten tertentu. Mesin pencari dalam hal ini sangat penting perannya karena sebagian besar peselancar di dunia maya akan mengaksesnya untuk mencari yang mereka baik produk maupun informasi.
Strategi yang melibatkan SEO ini akan memiliki berbagai keuntungan, seperti :
- SEO adalah alat promosi organik
Hal ini berarti pengunjung website adalah orang yang benar-benar butuh produk atau informasi yang kita sajikan dalam website. Mereka datang bukan karena tersesat karena iklan semata. Bagi pengunjung, website kita adalah jawaban dari permasalahan mereka.
Karena hal inilah, konten yang baik, berkualitas dan panjang menjadi penentu keberhasilan SEO. Jika mampu memahami kebutuhan pelanggan, Anda akan mendapatkan lebih banyak kesuksesan dengan strategi SEO.
- Meningkatkan rujukan ke situs web
Jika memiliki tingkat kehadiran atau visibilitas SEO yang kuat maka Anda akan mendapatkan lebih banyak rujukan pencarian dari mesin pencari. SEO mampu meningkatkan rujukan situs web. Hal ini bisa dilihat dari keyword tertarget, kualitas konten hingga panjang konten yang bermanfaat bagi pengunjung.
- SEO itu gratis
Inilah salah satu keuntungan SEO. Memakai strategi SEO tidak perlu mengeluarkan biaya seperti halnya iklan google atau iklan di media sosial. Akan tetapi, hasil dari strategi ini tidaklah instan. Butuh waktu serta kesabaran. Terlebih, cara ini adalah cara organik yang mencoba menggaet lebih banyak pengunjung dengan kekuatan SEO dan konten.
- Bisa memperoleh pengunjung tertarget
Dengan bantuan keyword atau kata kunci dalam pembuatan konten untuk SEO friendly, maka pengunjung yang datang sudah tertarget. Dan kemungkinan besar pengunjung tersebut bisa dikonversi menjadi pelanggan atau calon klien.
- Meningkatkan visibilitas web
Dengan cara mudah dan juga gratis, website bisa memiliki vibiitas lebih tinggi. Karena hal itulah, strategi ini cocok bagi website yang ditujukan untuk bisnis. Jadi, pemilik website bisa memperoleh keuntungan lebih besar dengan semakin ramainya pengunjung websitenya.
Kekurangan Strategi SEO
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa ada keuntungan dan kelemahan SEO yang kita temui. SEO menghadirkan banyak sekali keuntungan, khususnya untuk komersial atau bisnis. Namun, SEO sendiri juga memiliki kekurangan, seperti :
- Tidak bisa instan
Untuk mendapatkan hasil berupa website yang terindeks dengan baik oleh Google, butuh waktu. Bisa jadi beberapa hari hingga beberapa minggu untuk melihat hasilnya.
- Butuh investasi waktu dan tenaga
Ada banyak langkah dan tahapan untuk menyajikan SEO yang bagus dan kuat. Karenanya, banyak pemilik bisnis yang memakai jasa SEO untuk membuat websitenya terindeks dengan baik oleh mesin pencari.
- Sangat kompetitif
Persaingan dalam dunia SEO sangat tinggi. Banayk website yang sama-sama ingin mendapatkan urutan yang bagus dari mesin pencari. Ada SEO yang menargetkan lokal, nasional bahkan internasional. Semakin tinggi persaingan pada kata kunci tertentu, maka akan semakin sulit terindeks oleh mesin pencari
Dari kelebihan dan kekurangan SEO di atas maka bisa jadi bahan pertimbangan bagi siapa saja yang ingin memakai strategi ini. Utamanya bagi pengembangan pemasaran bisnis yang dimiliki, SEO bisa membantu untuk menjadi lebih baik.
No comments:
Post a Comment